‘F’ for Flowers and First (Post)

Image

Apa kabar semuanya? Senang sekali akhirnya bisa berbagi postingan pertama di Proyek Akhir Minggu.

Minggu yang cerah di Yogyakarta telah berlalu dengan sebagian besar berisi hari-hari cerah (cenderung terik). Dari teriknya Jogja, terciptalah gaun pendek motif bunga ini. Sangat mudah dan bersahabat bagi pemula. Saya mencoba menjelaskan proses pembuatannya dengan foto-foto dibawah ini;

Image Membutuhkan hal-hal diatas untuk membuat gaun tersebut;

  1. Bahan katun sebanyak minimal 1,5 meter.
  2. Gunting (yang) Tajam
  3. Elastis
  4. Benang warna senada
  5. Jarum Pentul

Image

Pertama-tama anda membutuhkan ukuran. Untuk gaun sederhana ini Anda membutuhkan tiga ukuran yaitu seberapa panjang anda menginginkan ornamen ‘lidah’ pada dada anda (gambar 1), seberapa lebar anda ingin bagian bawah rok mengembang-sebaiknya 1,5 kali ukuran pinggul (gambar 2) dan seberapa panjang gaun ini terjuntai.

Dari ketiga ukuran tersebut anda dapat memotong bahan katun itu menjadi dua bagian; bagian lidah dan gaun (gambar 3). Jangan lupa melebihkan 2 cm dari ukuran untuk menjahit.

Image

Berikutnya anda harus menghubungkan gaun dengan lidah dengan cara menjahitnya. Proses ini tidak perlu jika kedua sisi kain (dalam dan luar) sama. Dalam kasus saya, cetak motif bagian dalam lebih pudar. Jika anda mendapat bahan yg sama persis bagian dalam dan luarnya, anda tidak perlu memotong dan menjahit lagi, melainkan hanya melipat bagian lidah sesuai keinginan.

Image

Kemudian lingkarkan elastis di bagian dada (gambar 5) dan pinggang (gambar 7) lalu gunting tepat di ukuran tersebut. Dari sana anda akan mendapatkan dua buah elastis untuk lingkaran dada dan pinggang.

ImageBuatlah dua ‘lorong’ dengan lipatan ; pada perbatasan lidah dan 3cm dibawah garis pinggang, jahit dengan memberi ruang selebar 1,5cm.

Image

Pada lingkar dada, masukkan elastis yang lebih pendek dengan menggunakan peniti. Buatlah serutan yang merata hingga.

ImagePertemukan kedua ujung gaun lalu jahit rapi. Posisikan jahitan tersebut berada di bagian tengah belakang. Anda akan mendapatkan bentuk seperti gambar 13.

Image

Kini saatnya membuat tali pinggang. Dari bahan sisa, potong selebar 4cm dan panjang secukupnya. Lipat menjadi seperti gambar 15 lalu jahit untuk menyatukan kedua sisinya.

Image

Masukkan tali pinggang kedalam lorong bagian pinggang menggunakan peniti dengan teknik yang sama dengan elastis tadi. Kali ini biarkan kedua ujungnya menjuntai keluar pada bagian tengah depan gaun. Anda dapat membuat simpul seukuran pinggang dengan tali pinggang ini.

Image

Siap tampil cantik ditengah teriknya kota!

Sampai jumpa minggu depan….

Advertisements

2 thoughts on “‘F’ for Flowers and First (Post)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s