[Inspirasi] Selimut Rumah Sakit

bahanselimutRS, Rp20000permeter_Peter_Vignette

Seperti judulnya, inspirasi minggu ini adalah selimut rumah sakit. Silahkan tertawa tapi jangan lupa menyimak cerita dibalik inspirasi ini;

Suatu hari saat sedang mencari bahan motif garis di sebuah toko tekstil, mata saya tertuju pada bahan garis-garis berwarna dasar putih. Ada putih garis abu-abu, putih garis warna warni (merah,kuning,hijau), putih garis merah dan yang sangat menarik perhatian saya adalah putih garis hijau. Karena saya sedang suka warna hijau, saya pun mendekat dan menyadari bahan tersebut tak asing bagi saya. Ketika saya menoleh ke ujung rak untuk memastikan bahan apa gerangan itu, saya terkejut mendapati sebuah karton putih bertuliskan ‘Selimut Rumah Sakit’. Pantas saja sangat familiar.

Saya memang tertawa mendapati kebenaran itu, tapi tangan saya tetap meraih dan meraba bahan ‘kontroversial’ itu. ‘Hey, ini bagus juga! Tebal, nyaman, warnanya bagus-bagus dan motifnya garis-garis pula (seperti yg saya cari).’ Pikir saya. Di benak saya mulai terbayang beberapa jenis barang dan pakaian yang mungkin dapat dibuat dengan bahan itu. Wajah saya seketika berseri-seri membayangkan bahwa hasil akhir dari setiap benda itu akan terwakili dengan satu kata keren dari bibir orang bule; sophisticated.

Nah, singkat cerita, dari bahan selimut rumah sakit seharga Rp 20,000 per meter itu, terciptalah pleated skirt (rok lipit) ini;

Image

Image

Cukup dulu modellingnya. πŸ˜€ Mari membahas proses pembuatannya.

Sebelum mulai membuat, cobalah untuk menggambar perencanaannya serta mengambil ukuran-ukuran yang dibutuhkan seperti ini;

Image

Lalu persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan;

  1. Bahan Selimut sebanyak 1,5 – 2 meter.
  2. Benang warna senada
  3. Ritsleting
  4. Kancing Kait
  5. Gunting
  6. Jarum Pentul dalam jumlah banyak (untuk membuat banyak lipit pada rok)
  7. Jarum jahit dan peralatan mennjahit sederhana lainnya.

Ayo kita mulai;

ImagePotong bahan dengan panjang yang diinginkan dan lebar lingkar pinggang + total lipit yang akan dibuat. Bagilah bahan utama rok menjadi dua bagian yang sama besar (bagian depan dan belakang). Kemudian mulailah melipat lipit sesuai perencanaan, ukur kembali lebar kain setelah dilipit untuk memastikan ukurannya sesuai rencana. Jangan ragu untuk menandai bagian-bagian yang harus anda lipat dengan pensil kain seperti pada gambar 2. Tahan semua lipit dengan jarum pentul.

Lakukan hal yang sama pada lembar bahan yang satunya. Kini anda memiliki dua bagian rok (depan dan belakang) yang sudah di lipit seperti pada gambar 3.

ImageRok ini dilengkapi dengan satu buah kantung dalam di sisi kanan dan satu ritsleting disisi kiri. Jadi pekerjaan berikutnya adalah membuat saku.

Satukan kedua bagian rok pada bagian kiri, jahit dan sisakan beberapa sentimeter untuk saku. Ambil bahan dengan panjang dan lebar secukupnya lalu gambar bentuk saku yang diinginkan (tanpa sudut lebih baik). Jahit (satukan) bagian kantung saku dan jahit secara terpisah bagian mulut saku (seperti pada gambar 5 dan 6).

ImageSekarang giliran memasang ritsleting. Satukan (jahit) terlebih dulu bahan bagian depan dan belakang (sisi kiri dan sisakan tempat untuk ritsleting. Prosesnya mirip dengan pembuatan saku. Tandai, pasang dengan jarum pentul lalu jahit. Lihat gambar 7 sampai 10.

ImageSaatnya memasang hem pinggang. Gunakan bahan yang lebih kecil, kali ini dengan posisi garis horizontal. Lipat dua lalu lekatkan pada ujung lipit bagian atas, tahan dengan jarum pentul (seperti gambar 12).Β Jahit mengitari lipit kira-kira pada 1,5cm dari ujung lipit. Setelah semuanya terjahit (kecuali bagian ritsleting), balik lapisan ke arah atas sehingga hasilnya seperti gambar nomer 13. Sisakan 4-5cm untuk tempat kancing kait.

ImagePotong sisa bagian pinggang yang menjulur seperti gambar 14 lalu lipat kedalam dengan garis merah pada gambar sebagai batas lipatan, tahan dengan jarum pentul. Jahit dan pasang kancing kait. Akhiri dengan mengesum bagian pinggir bawah rok.

Rok dari bahan selimut RS pun selesai sudah. Apakah sophisticated seperti prediksi saya? Terserahlah penilaian anda.

Image

Β  Image

Saya masih akan mengeksplorasi bahan selimut ini dalam berbagai bentuk. Bisa menggu depan atau minggu-minggu berikutnya. Jadi jangan lewatkan proyek akhir minggu depan.

Sementara itu, tetap kreatif ya!

Image

*****************

5 thoughts on “[Inspirasi] Selimut Rumah Sakit

Leave a Reply

