The Gorgeous Black & White

Image

Halo apa kabar? Bagaimana akhir minggu panjang yang lalu? Apakah anda membuat sesuatu? Atau sibuk liburan ditempat menyenangkan? Saya, dua-duanya. πŸ™‚

Sebagian akhir minggu kemarin saya habiskan dengan berlibur di pantai bersama suami tercinta dan teman-teman. Sisa waktunya saya habiskan dengan me-refashion t-shirt putih yang membosankan menjadi atasan hitam putih cantik. Anda mungkin punya t-shirt membosankan, sedangkan saya… hmmm sejauh ini tidak. Hehehee… Jadi dimana saya menemukan t-shirt putih itu? Di Ind***ret, gerai minimarket kecil yang (sangat) sering saya (dan pasti Anda juga) datangi.

Pelajaran hari kali ini, jika anda mengunjungi gerai-gerai tersebut, jangan hanya mengunjungi rak makanan atau produk kebersihan. Kunjungi juga rak pakaian dalam pria. (Uuups). Sebelum anda berpikiran buruk, saya sesungguhnya mau mengatakan…. di rak tersebut selalu tersedia produk yang namanya ‘Kaos Oblong’ dalam berbagai ukuran. Saya mengambil ukuran Medium untuk menyulapnya menjadi atasan cantik dibawah ini.

Image
Seandainya anda tidak tahu wujudnya, ini gambarnya. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan tubuh anda, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar. Harganya sekitar Rp 25,000. Cringgggg!

Image
Nah, ini adalah kunci sulap kali ini. Renda hitam elastis (stretch black lace), yang bisa ditemukan di toko alat-alat jahit atau kerajinan tangan. Kita hanya membutuhkan 1 meter untuk kali ini. Harganya sekitar Rp 9,000 per meternya.

Jangan lupa juga menyiapkan benang warna senada, gunting kain, dan jarum tangan (atau mesin jahit).

Mari kita mulai….

Image

Gunakan kaos oblongnya lalu tandai dengan jarum pentul; sampai dimana anda inginkan bentuk leher bagian depan dan bagian belakang.

Image

Gambar bentuk leher yang anda inginkan lalu gunting kerah kaos, jangan lupa lebihkan 1,5cm untuk hem (lipatan) nya. Saya sendiri sangat menyukai baju-baju dengan punggung terbuka. Jadi saya memilih v-neck pada bagian belakang. Saya mengguntingnya tepat diatas letak bra, agar tidak harus sibuk menyembunyikan bra yang mengintip.

Image

Untuk bagian depan, lipat dan jahit hemnya.

Image

Untuk bagian punggung; lipat hem, tempelkan renda, jahit pada seluruh garis hem.

Image

Hasilnya seperti ini. Dan ini adalah bagian favorit saya dari proyek kali ini. Saya tersenyum lebar sekali saat menyelesaikan proses ini.

Image

Image

Selanjutnya adalah proses opsional. Saya memutuskan untuk menambahkan detail serupa (dengan punggung) pada bagian pinggul. Maka saya melakukan hal yang sama pada ujung jahitan pinggul. Bedanya kali ini saya harus membuka jahitan pinggul terlebih dahulu, sejauh kurang lebih 12cm.

Image

Sekarang giliran renda yang melintas vertikal di bagian depan. Posisikan renda dibagian tengah, tahan dengan jarum pentul lalu jahit pinggiran renda. Saya anjurkan dijahit dengan tangan, terutama jika menggunakan renda yang sangat halus.

Image

Terkhir, untuk membuat bagian lengan lebih menarik, saya menjahit jelujur lalu menarik jahitan tersebut hinggan setengah lengan terangkat.

………………………….

Tadaaaaaaaa! Inilah hasilnya…

Image

Image

Image

Image

Nah coba ingat-ingat gerai In***ret paling dekat dengan rumah Anda. Setelah itu… boleh berbagi pengalaman di kolom komentar ya. Saya akan sangat senang membaca dan meresponnya.

Sampai minggu depan!

*****************

6 thoughts on “The Gorgeous Black & White

  1. sukaaaaaaa…………..banget yang ini. duh…udah ga sabar pengen buat juga. aku tau banget gerain indo tititk titik itu mbak…sering beli buat suamiku kok πŸ™‚

    • Heheheeee… jangan2 cuma ibuk2 yg tahu ttg ‘rak’ ituh.
      Ayo dicoba mbakkkk… ntar share foto2nya yah klo udah jadi.
      Aku tunggu lohhh… goodluck! πŸ˜€

Leave a Reply

