RANDOM REPURPOSE | DIY Magazine Beads Bib Necklace (Plus National Giveaway)

poster&thumbnail

Apa kabar teman kreatif?

Ohhh, semoga kita semua tetap diberi kekuatan untuk berkreasi. Si nyonya sempurna, demikian suami saya sering menyindir karena riset-riset gagal yang selalu enggan saya muat dalam ProyekAkhirMinggu. Dua minggu berlalu dan saya akhirnya mampu berbagi sesuatu dengan kalian.

kalung majalah model

Inspirasi kali ini adalah manik-manik kertas yang dulu sekali pernah saya pelajari di bangku sekolah dasar. Suatu hari ketika berselancar didunia maya, saya bertemu lagi dengan manik-manik kertas yang, secara mengejutkan, masih menarik bagi saya.

Foto paper beadsKini, seiring dengan bertambahnya pengetahuan saya tentang proses pembuatan aksesori, ide untuk menaikkan derajat manik-manik kertas pun mencuat. Sama halnya dengan saya yang sudah beberapa kali naik kelas, sejak pelajaran prakarya SD itu, manik kertas pun harus naik kelas dari koleksi gadis mungil ke koleksi wanita dewasa yang modern dan kreatif. Huffff… Lupakan yang terakhir itu! πŸ˜‰

Manik-manik kertas yang saya buat kali ini terbuat dari lembaran majalah elektronik bekas. Hasil akhirnya adalah sebuah kalung yang berjuntai atau yang terkenal dengan bib necklace. Tak hanya satu, saya membuat dua buah kalung, dimana pada kalung kedua saya menggunakan kertas kado sebagai ganti majalah.

kalung majalah produk

kalung majalah model 2

Baik majalah bekas maupun kertas kado punya daya tarik tersendiri pada hasil akhirnya. Menggunakan majalah bekas, selain mengusung teknik daur ulang yang ramah lingkungan, juga merupakan proses yang sangat menarik, karena keberagaman warna dan konten majalah membuat setiap butir manik menjadi unik. Sementara dengan kertas kado kita lebih leluasa menentukan warna dan pola manik-manik yang kita inginkan.

kalung kertas kado produk

kalung kertas kado modelVIDEO TUTORIAL

Video berikut ini adalah langkah-langkah membuat Magazine Bib Necklace, mulai dari membuat manik-manik hingga cara merangkainya menjadi sebuah kalung;

Bahan dan alat yang saya gunakan antara lain;
Beberapa lembar majalah bekas (warna warni halaman iklan adalah favorit saya) atau kertas kado
1/2 meter rantai ukuran kecil
Cutter
Penggaris
Lem Putih
Sejumlah ring berwarna sama dengan rantai
Tang pembulat, tang biasa dan tang pemotong
Sejumlah paku sembilan (kawat yang dibentuk seperti angka sembilan diujungnya, tersedia di toko-toko bahan kerajinan atau bisa juga buat sendiri dengan kawat meteran)
Pengait lobster (jika lingkar kalung tidak bisa melewati kepala)

Tools and material descriptions;
Magazine sheets or Wrapping paper sheets
Gold/silver plated chains
Cutter
Ruller
White glue or paper glue
Jump rings
Regular Nose pliers, Round nose pliers and wire cutter
Eye pins (you can also use regular wire, cut 1 1/2 inches and create a loop with round nose pliers)
Lobster clasp (optional)

GIVEAWAY

foto kedua kalungTertarik untuk memiliki salah satu dari kedua kalung yang saya buat?
Nah, dalam posting ini juga saya akan memberikan salah satu dari kedua kalung yang saya buat tersebut.

Bagaimana caranya?

Sangat mudah! Teman-teman silahkan meninggalkan komentar dibawah ini. Komentar yang paling menarik akan saya umumkan tanggal 17 Agustus mendatang dan berhak untuk memilih satu dari kedua kalung itu, untuk kemudian saya kirimkan kepada ybs, gratis dan tanpa ongkos kirim. πŸ˜‰

(Unfortunately, the giveaway is limited for those who live in Indonesia)

Semoga beruntung!

**********

5 thoughts on “RANDOM REPURPOSE | DIY Magazine Beads Bib Necklace (Plus National Giveaway)

  1. tina says:

    Wahhh..selalu ada cerita seru disini..hehe..km inget mba nina ga ya chon, kakakku yg skr tinggal di kalimantan…dia jg bikin2 sesuatu jg..dan ternyata malah skr bs jd penghasilan tambahan yg lmyn..dia bikin dari kertas daur ulang..dia daur ulang sndiri kertas2 bekas trs dibikin kreasi2 gt..nah sptnya kreasimu ini bs aq ceritain k dia buat inspirasi jg..dia bs kembangkan kreasinya jd kalung ky gt n mgkin jd bingkai ft jg..dll yaa..qiqiqi…nice sharing ciciiiee…keep creative yahhh..^_*

    • Aku inget donk Ci sama Mbak Nina dan bener2 surprise dengan ceritamu. Happy for her. She is even inspiring herself. Thank you for sharing and commenting Ci Tina….

      • tina says:

        Hehe..iya..dia emg kynya nurunin jiwa kreatif nya alm. Bapakku..satu2 nya dari kami tiga bersaudara. Didesak krn keadaan jg sih, jd malah numbuh lg jiwa kreatifnya..wong dulunya tv aja ga punya..apalagi internet..hehe..
        Dia jual keliling naik sepeda ke temen2 anaknya(ponakanku), trs skr tiap minggu jualan semacam ky di ‘sunday morning’ nya Ugm gt disana.lmyan jg peminatnya trnyata..(jd curhat deh akyuuu) hehe..cayooo ci chonie..cayoo mba nina…

    • Yup Nad… kreatif (dan keren, dan fashionable, dan update, dan banyak lagi) bener2 nggak perlu mahal…. Thanks udah comment ya Nad. Keep supporting ProyekAkhirMinggu yaa… Tunggu pengumumannya tgl 17 yaaa… Goodluck!

Leave a Reply

